DRAMeXchange - Price, Transactions, and research inside DRAM/Flash industry

It is currently Wed Nov 13, 2019 5:06 am

All times are UTC + 8 hours





Post new topic Reply to topic  [ 1 post ] 
Author Message
 Post subject: Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros
PostPosted: Fri Oct 11, 2019 6:11 pm 

Joined: Fri Oct 11, 2019 6:01 pm
Posts: 2
Dalam rumah tangga, jumlah kebutuhan yang harus dipenuhi terbilang sangat kompleks. Berbeda dengan saat masih single dimana hanya kebutuhan seputar diri sendiri yang perlu dipenuhi, maka saat sudah berkeluarga akan ada anggota baru yang juga harus dipikirkan kebutuhannya. Mulai dari pasangan, anak-anak, hingga orang tua yang ikut tinggal bersama. Mengatur keuangan rumah tangga memang cukup susah-susah gampang. Karena tidak sedikit yang sering mengeluhkan tidak bisa menabung lantaran penghasilan yang didapatkan habis untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Jika dalam keluarga Anda juga mengalami hal demikian, kemungkinan masalah terjadi karena cara mengatur keuangan yang kurang tepat.

Bisa saja Anda melakukan alokasi dana yang terlalu minim di pos tertentu, namun terlalu berlebihan di pos lain. Serta bisa juga ada pos pengeluaran yang belum terdata. Apapun itu, sebaiknya mulai benahi dari sekarang agar keuangan keluarga berjalan dengan sehat dan lancar ke depannya. Nah, untuk mewujudkan hal tersebut, berikut ada beberapa perencanaan keuangan keluarga yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Buat daftar pos pengeluaran.
Bagi beberapa pos pengeluaran yang Anda dan anggota keluarga keluarkan. Misalnya kebutuhan rumah tangga berupa tagihan listrik dan air, konsumsi, tabungan, dana darurat, asuransi, cicilan hutang, biaya transportasi, biaya pendidikan anak, hiburan, dll. Setelah mengetahui pos pengeluaran keluarga apa saja, maka mulia alokasikan dan untuk setiap pos yang ada. Pastikan jumlah pengeluaran tidak melebihi dari jumlah penghasilan.

2. Buat kalender tagihan.
Agar keuangan rumah tangga menjadi lebih teratur, pastikan Anda tidak melewatkan kewajiban membayar tagihan yang dimiliki setiap bulannya. Agar tidak lupa, tandai pada kalender pada tanggal berapa saja harus membayar tagihan listrik dan air, membayar SPP anak, dan tagihan-tagihan lainnya. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih teratur membayar sehingga terhindar dari biaya denda.

3. Membayar cicilan hutang setiap bulan.
Jika Anda memiliki pos pengeluaran untuk membayar cicilan hutang, maka jadikan ini salah satu prioritas yang harus dipenuhi dari uang penghasilan. Pastikan Anda rutin membayar hutang agar tidak menunggak, tidak terkena denda, serta tidak berdampak pada iDebt (informasi debitur).

4. Membuat target dalam menabung.
Kunci perencanaan keuangan yang sukses salah satunya terletak pada kemampuan menabung. Menyisahkan uang untuk ditabung setelah dikurangi berbagai pos pengeluaran terkadang jarang berhasil. Karena tak sedikit yang mengeluhkan sisa uang sudah tinggal sedikit atau bahkan terlanjur habis untuk ditabung. Untuk mensiasati hal ini, sebaiknya sisihkan setidaknya 10-30% dari penghasilan tepat setelah menerima gaji sebelum dialokasikan untuk berbagai pos pengeluaran.

5. Sisihkan sebagian dari penghasilan untuk dana darurat.
Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari secara tiba-tiba. Misalnya jika tiba-tiba mengalami sakit, tentu perlu berobat. Sehingga penting untuk memiliki dana darurat untuk mengantisipasi jika ada kebutuhan mendesak yang membutuhkan biaya.

6. Ubah kebiasaan untuk selalu menggunakan uang tuna dan kartu debit dibandingkan dengan menggunakan kartu debit.
Menggunakan kartu kredit untuk berbelanja memang menawarkan kemudahan dan berbagai fasilitas menarik lainnya, seperti promo potongan harga, dll. Namun karena kemudahan ini terkadang membuat seseorang jadi sering berbelanja tanpa terkontrol. Tanpa sadar tagihan di akhir bulan menjadi membengkak dan menguras sumber penghasilan untuk mengatasinya. Agar hal ini tidak terjadi lagi, maka cara mengatur keuangan yang cukup jitu lainnya adalah dengan menghindari kebiasaan menggunakan kartu kredit. Sebaiknya gunakan kartu debit atau uang tunai saja saat berbelanja, sehingga bisa dibatasi penggunaannya.

Find more on ilovelife blog here

_________________
smartdigital jasa seo web | seo service


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 1 post ] 

All times are UTC + 8 hours



Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 6 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
© 2011 DRAMeXchange, a Business Division of TrendForce Corp. All rights reserved.